Tuesday, April 22, 2014

Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Permanen

Bagaimana Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Permanen - Ada cara mudah yang bisa kamu pakai untuk mengembalikan file penting yang baru saja kamu hapus. Cara mengembalikan dan memulihkan data yang hilang karena terhapus permanen baik yang sengaja maupun tidak sengaja sebenarnya sangat mudah, tentunya bagi anda yang sudah tahu dan paham cara memulihkan data yang hilang tersebut. Dan dikesempatan yang baik ini kami akan berbagi tentang cara mengembalikan dan memulihkan data yang terhapus permanen. Caranya kamu perlu menginstal beberapa aplikasi pihak ketiga berikut yang bisa mengembalikan file kamu yang terhapus secara permanen:

1. WinUtilities Undelete

WinUtilities Undelete adalah aplikasi yang perlu kamu instal pada desktop atau laptop kamu untuk mengembalikan file yang hilang secara permanen serta mengembalikannya ke tempat atau folder yang kita inginkan.
Cara menggunakan WinUtilities Undelete ini sangat mudah. Kamu tinggal menginstal dan menjalankan aplikasinya saja. Klik drive dimana kita kehilangan file di sisi sebelah kiri.
Setelah itu akan muncul proses scanning dan memunculkan semua file yang ada di drive tersebut beserta file yang sudah dihapus secara permanen. Pilih file yang akan dikembalikan, klik kanan dan klik ‘undelete‘.

2. Recuva

Recuva juga merupakan aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh secara gratis dan diinstal pada desktop dan laptop. Setelah diinstal, jalankan aplikasi ini.
Saat aplikasi sudah terbuka, kamu tinggal pilih drive yang file-nya terhapus secara permanen untuk di scan. Selain drive internal, kamu bisa men-scan drive eksternal seperti hard disk, MMC, dan USB flashdisk.
Setelah file yang ingin dikembalikan terlihat, klik kanan lalu pilih ‘Recover’. File akan otomatis kembali ke tempatnya semula. Semua jenis file termasuk musik dan video bisa dikembalikan dengan Recuva. Khusus untuk software ini, berikut cara menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang terhapus permanen :

Tutorial tentang cara mengembalikan file data yang hilang dan terhapus permanen ini menggunakan bantuan sebuah software gratis buatan Piriform yang bernama Recuva, anda dapat mendownloadnya dan membaca tentang recuva di artikel saya terdahulu.

Recuva merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengembalikan data yang terhapus secara permanen, baik karena pengosongan recycle bin, terformat, crash system maupun yang lenyap karena virus yang menyerang komputer anda.

Berikut cara mengembalikan file data yang hilang dengan recuva:

  • Pertama-tama silahkan download dan install software recuva versi terbaru 2013
  • Setelah proses instalasi selesai silahkan buka recuva anda dengan double click icon recuva di desktop
  • Seteklah itu akan muncul jendela welcome to the recuva wizard anda hannya perlu klik next


  • Setelah itu di jendela recuva wizard anda disuruh memilih jenis file yang akan di recovery, jika filenya bermacam-macam jenis maka pilih saja all files


  • selanjutnya menentukan file location jika anda ingat dan tahu pasti letak file yang hilang, jika tak yakin pilh saja I'am not sure


  • recuva wizard sudah selesai dan sekarang saatnya mencari file anda yang hilang dengan klik start


  • Proses pencarian akan segera berlangsung tunggu sampai selesai


  • Setelah selesai proses pencarian anda disuruh memilih file mana saja yang akan dipulihkan dengan memberi check list yang disediakan untuk kemudian anda klik recover


  • Setelah itu anda akan diminta menentukan tempat penyimpanan file yang akan di pulihkan untuk kemudian klik OK


  • Proses recovery akan segera berlangsung tunggu sampai selesai, 



Lamanya proses recovery data yang berlangsung sangat bergantung seberapa banyak dan besarnya file yang dipulihkan ini berarti semakin banyak dan besar file yang dipulihkan maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Setelah selesai proses recovery data yang hilang silahkan cek data anda difolder yang telah anda pilih untuk menyimpan data yang dipulihkan tadi, maka file anda telah kembali setelah terhapus permanen terimakasihlah kepada recuva atas bantuannya.

Demikian tutorial tentang cara mengembalikan dan memulihkan data yang hilang dan terhapus permanen, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.Cara Mudah Mengembalikan Data Yang Terhapus Permanen

No comments:

Post a Comment